Take it!

Rabu, 16 Februari 2011
   Heyaaa semuaaaa, aku punya tips buat ngadepin ujian nasional entar. Pada deg-deg an kan menjelang Ujian Nasional tanggal 25-28 April entar? Nah kan kita udah punya pengalaman pas ujian nasional pas SD, paling enggak yang ujian sekarang ini kita bisa lebih prepare dari sebelumnya.
   
   Happy reading!
  
Persiapan Ujian

1. Persiapan diri
Persiapan diri adalah persiapan yang dimulai dari dalam diri kita sendiri, yang meliputi persiapan fisik dan mental kita. Persiapan fisik berkaitan dengan persiapan jasmani/fisik dan kesehatan. Kamu harus jaga kesehatan sebelum ujian, karena saat ujian jangan sampai badan kita gak fit ,,kalau gak fit nanti konsentrasi jadi buyar donk!!! Agar kamu tetap sehat secara fisik menjelang pelaksanaan ujian, kamu harus rajin berolahraga. Usahakan istirahat secara teratur dan tidur jangan terlalu malam ya hehehe. ..

2. Persiapan mental
Persiapan mental ialah persiapan yang berkaitan dengan sikap mental, psikis, dan emosi. Upayakan agar situasi pribadi terutama sikap emosional tetap stabil. Pertentangan yang dialami dalam diri, situasi kekecewaan (frustrasi, suasana kesedihan dan sebagainya) akan berdampak buruk terhadap hasil belajar kamu,, yang mesti diperhatikan adalah kamu harus bisa jaga suasana hati/emosi. Diharapkan emosi kamu tetap tenang dan stabil menjelang ujian so calm down aja deh. Sebelum ujian kamu harus mampu mengatasi hal-hal yang mungkin akan mengganggu konsentrasi belajar. Agar pikiranmu tidak terbagi dan tetap terpusat dalam menghadapi ujian, perbanyaklah melakukan ibadah, karena ibadah merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan ketenangan. 

3. Persiapan Teknis
Persiapan teknis yaitu persiapan yang berkaitan dengan penyediaan perlengkapan yang akan digunakan dalam ujian nanti, misalnya pena, penghapus, pensil, dan peraut pensil. Perlengkapan itu sebaiknya disiapkan sebelum ujian, jangan sampai mau ngerjain ujian bingung nyari pinjaman. Anda tidak akan lulus jika ternyata pensil 2B yang akan Anda pakai ternyata palsu, karena proses pemeriksaan hasil ujian menggunakan teknologi komputer. Sebelum ujian,  periksa pensil 2B yang akan digunakan pastikan pensil itu benar-benar asli caranya bisa dengan kamu meraut bagian ke-2 ujung pensil dan di sentuhkan dengan kabel yang udah di kasih lampu jika lampu itu nyala berarti asli, tapi kalau ngak berarti palsu. Selain itu, sebelum ujian berlangsung Anda harus mengecek lokasi ujian dan tempat duduk.

4. Persiapan Materi Uji
Persiapan materi uji merupakan persiapan yang sangat penting,,karena persiapan materi uji ini akan menentukan kelulusan . Persiapan materi uji hendaknya dilakukan sejak dini (jauh-jauh hari sebelum ujian). Menurut penelitian beberapa ahli, belajar borongan itu tidak baik dan hasilnya hanya membawa kesia-siaan. Jadi, disarankan H-1 sebelum ujian kamu tidak diperkenankan lagi memporsil diri untuk belajar. Istirahat yang cukup.Usahakan jangan nyontek ya!
Perbanyak latihan menjawab soal dengan teman. Caranya: Ajaklah teman Anda untuk membentuk kelompok kecil sebagai kelompok belajar. Pesertanya tidak lebih dari 3 orang,,usahakan jumlahnya ganjil karna kalau genap resiko bisa pada pasang-pasangan gojeknya jadi pada dapet temen semua,, tapi kalau ganjil pasti ada 1 yang gak dapet and pesertanya jangan banyak-banyak ,, kalau banyak-banyak jadi ngak fokus belajarnya ,, pasti pengennya ngerumpi...

Pada Saat Ujian
Ada 10 hal yang harus diperhatikan pada saat ujian, yaitu:
  1. Pastikan bahwa kamu ngak lupa membawa kartu peserta ujian.Kalau sampai lupa wah jadi berabe urusannya
  2. Pastikan bahwa ngak terlambat datang ke lokasi ujian.Karena kalau terlambat nanti waktu mengerjakannya jadi kesita deh!!
  3. Pastikan bahwa kamu ngak lupa membawa perlengkapan ujian, seperti pena, pensil 2B, mistar, penghapus, atau papan alas.NB : Jangan sampai pinjam kanan kiri soalnya nanti bisa ngurangin waktu mengerjakan
  4. Pastikan bahwa kamu ngak nglanggar tata tertib ujian. Kamu bisa dikeluarkan dari ruang ujian jika melanggar. Nyontek termasuk larangan loh!!
  5. Pastikan bahwa semua identitas kamu ditulis dengan benar dan lengkap di lembar jawaban.
  6. Kerjakan soal dengan tenang. Jangan tergesa-gesa ya!!
  7. Pusatkan pikiran kamu untuk selalu berkonsentrasi menjawab soal-soal.
  8. Awali semua pekerjaan dengan berdoa kepada Allah SWT.
  9. Dahulukan menyelesaikan soal yang dianggap mudah, kemudian baru kamu berusaha untuk menyelesaikan soal yang sulit atau yang tadi merasa ragu-ragu untuk menjawabnya.
  10. 15 menit sebelum waktu ujian berakhir sebaiknya kamusudah selesai menyelesaikan ujian, agar kamu memiliki waktu untuk mengoreksi ulang mengenai identitas (nama dan nomor ujian), soal dan jawaban.
   Semuanyaaaaaaaa semoga bermanfaat yaaa tips dari aku, semoga juga kita semua sukses pas ngerjainnya entar (Y) AMIN! *CUPSS*

2 komentar:

{ Unknown } at: 17 Februari 2011 pukul 02.42 mengatakan...

LIKE THIS!

{ Safira Danashfati } at: 19 Februari 2011 pukul 22.33 mengatakan...

Thank you ijay ;)

Posting Komentar